Home » , » Penduduk, Adat Istiadat dan Kebudayaan Kota Tarakan

Penduduk, Adat Istiadat dan Kebudayaan Kota Tarakan

Penduduk, Adat Istiadat dan Kebudayaan Kota Tarakan - setelah sebelumnya telah kita posting kabupaten balungan sekarang kita bahas adalah kota Tarakan, mungkin anda lebih sering mendengar kota ini dibanding kota kota lain yang ada di kalimantan utara. Berikut ini info dari kota tarakan.


Kota Tarakan yang berada di Pulau Tarakan didiami oleh suku asli, Tidung. Namun dalam perkembangannya dihuni pula oleh suku-suku lain, yaitu suku Dayak, suku Banjar, suku Jawa, suku Bugis, suku Batak, suku Toraja, keturunan Tionghoa, dan lain-lain. Dahulu kala wilayah ini perintah oleh Kerajaan Tidung atau disebut juga Kerajaan Tarakan yang memerintah suku Tidung. Jika ingin mengetahui tentang suku Tidung anda dapat mengunjungi Baloy Adat Tidung yang merupakan sebuah musuem yang menyimpan peninggalan Kerajaan Tidung. Dalam bidang seni dan budaya Kota Tarakan atau juga disebut sebagai Tanah Paguntaka ini terkenal akan Tari Jepen yang merupakan tari asli daerah ini, selain itu terdapat Tari Hadrah juga tari-tari tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Dalam seni musik kota ini mempunyai perkembangan musik tradisional dan modern sebagai hasil kreatifitas penduduknya.

Foto Kota Tarakan

 

 




Sekian dari kami info kota tarakan sebagai salah satu kota wisata kaltara semoga dengan beberapa artikel ini anda lebih mengenal provinsi paling ujung yang ada di kalimantan Indonesia.

4 komentar:

 
Supported by : Info Paguntaka | BBC
Copyright © 2013. Informasi Wisata Kaltara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger