Home » » Provinsi Kalimantan Utara Provinsi Baru Indonesia

Provinsi Kalimantan Utara Provinsi Baru Indonesia

Provinsi Kalimantan Utara Provinsi Baru Indonesia - infowisatakaltara.blogspot.com - Kalimantan Utara Merupakan sebuah provinsi baru di Negara Kita Indonesia yang berada di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini adalah provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga kita, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. sumber info ini kami ambil dari id.wikipedia.org

Provinsi Kalimantan Utara
Provinsi Kalimantan Utara
Pada saat ini, Kalimantan Utara adalah termasuk dalam provinsi termuda Indonesia, provinsi ini resmi disahkan menjadi sebuah provinsi baru dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Dalam keputusan tersebut Kementerian Dalam Negeri menetapkan Kalimantan Utara menjadi 11 daerah otonomi baru yang terdiri atas satu provinsi dan 10 kabupaten, termasuk Kaltara pada tanggal 22 April 2013. Bersama dengan penetapan keputusan tersebut, MenDagRi Gamawan Fauzi juga melantik kepala daerah masing-masing kabupaten disana, termasuk juga pejabat Gubernur Kaltara yakni Irianto Lambrie.

Infrastruktur pemerintahan di Kalimantan Utara sekarang masih dalam proses persiapan yang direncanakan akan berlangsung paling lama dalam 1 tahun.

Pada saat dibentuknya, wilayah Kalimantan Utara dibagi menjadi 5 wilayah administrasi, yang terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten sebagai berikut:
  • Kota Tarakan
  • Kabupaten Bulungan
  • Kabupaten Malinau
  • Kabupaten Nunukan
  • Kabupaten Tana Tidung
Seluruh wilayah ini sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Kalimantan Timur.

Peringkat Kabupaten/Kota Populasi Ibukota
1 Kota Tarakan 239.973 Penduduk Kota Tarakan
2 Kabupaten Nunukan 140.567 Penduduk Kota Nunukan
3 Kabupaten Bulungan 226.322 Penduduk Kota Tanjung Selor
4 Kabupaten Malinau 62.460 Penduduk Kota Malinau
5 Kabupaten Tana Tidung 22.841 Penduduk Kota Tideng Pale

1 komentar:

 
Supported by : Info Paguntaka | BBC
Copyright © 2013. Informasi Wisata Kaltara - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger